Laman

Ini Tentang Dunia Kita, Dunia Antara Kau dan Aku

Dengan asma sang kekasih

Jumat, 05 Agustus 2011

Amalan Ramadhan

Bulan puasa adalah bulan penuh rahmat dan ampunan, setiap orang berusaha untuk berlomba-lomba mendapatkan ampunan dosa, pelipatgandaan kebaikan dan pengangkatan derajat. Kita berusaha untuk menjalankan puasa dan berharap semua kebaikan yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT. 
Rasulallah Saw bersabda:
"barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (hadits muttafaq 'alaih).

Oleh karena itu agar Ramadhan kita tidak berlalu dengan sia-sia, mari kita laksanakan amalan-amalan yang dilakukan Rasulallah diantaranya:
  1. Melaksanakan Sahur, yang akan membantu kekuatan fisik selama berpuasa. Makan sahur lebih utama jikadiakhirkan waktunya, tapi hati hati lho... jangan sampai dilaksanakan setelah imsak. Sabda Rasulallah dalam Hadist Riwayat Bukhari Muslim: " Makan sahurlah kalian, sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah"
  2.  Menyegerakan berbuka, sebagaimana sabda Rasulallah saw  " Manusia senantiasa dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur " (HR Bukhori, Muslim dan Tirmidzi)
  3. Meninggalkan Perbuatan yang Menurunkan Nilai Puasa 
  4. Melaksanakan Qiyam Ramadhan, pada bulan ini disunatkan shalat tarawih sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulallah Saw.
  5. Membaca Al-Qur'an, Allah mengistimewakan bulan Ramadhan dengan menurunkan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan petunjuk  bagi manusia, pembeda antara yang haq dan bathil.
  6. Sedekah
  7. Memberi Makan Orang yang berbuka, sebagaimana sabda Rasulallah "Barangsiapa yang didalamnya (bulan Ramadhan) memberi ifthar kepada yang berpuasa, niscaya hal itu menjadi (sebab) ampunan dari dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka" (HR Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi dll).
  8. Beristighfar
  9. Memperbanyak berdoa, Rasulallah bersabda"ada tiga doa yang tidak ditolak yaitu doa orang tua untuk anaknya, doa yang berpuasa dan doa musafir (orang dalam perjalanan) " (HR Al-Baihaqi).
  10. Tidak berlebihan, baik dalam makan, minum, berpakaian dan bersedekah tanpa disertai berlebihan dan kesombongan (HR Abu Daud dan Ahmad, Bukhori)
  11. Menghidupkan 10 Malam Terakhir Ramadhan.
  12. Menyambut Malam Lailatur Qodar, Rasulallah bersabda "Barangsiapa melakuan shalat malam pada saat Lailatur Qodar karena iman dan mengharap ridho Allah niscaya diampuni dosa dosanya yang telah lalu" (Hadits Muttafaq'Alaih)
  13. Itikaf, Rasulallah menganjurkannya untuk dilakukan pada 10 hari terakhir, dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah.
  14. Menunaikan Zakat Fitrah, sebagai penyuci orang yang berpuasa dari kesia-sian ucapan kotor, dan sebagai pemberian makan kepada fakir miskin.
  15. Melaksanakan Shalat I'ed, pada saat hari raya Rasulallah mengenakan pakaian terbaiknya dan makan kurma dengan bilangan ganjil sebelum pergi shalat. Beliau melaksanakan shalat I'ed dahulu dua rakaat baru khutbah. 
Semoga Allah menerima amal kita dan (amal) diantara kalian 

*catatan untuk menyemangati diri sendiri*

--> dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuukk di komen-komen yaa...