Laman

Ini Tentang Dunia Kita, Dunia Antara Kau dan Aku

Dengan asma sang kekasih

Sabtu, 09 April 2011

teman




Manusia adalah mahluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Kita membutuhkan teman. Pergaulan sosial akan mempengaruhi dan membentuk karakter diri kita. Dalam sebuah hadits Rasulallah Saw bersabda “seseorang terpengaruh oleh keyakinan teman-temannya, karena itu berhati-hatilah dengan siapa kamu berteman”.

Banyak contoh dalam kehidupan seseorang terjerumus kedalam kehidupan yang “kotor dan gelap” yang disebabkan oleh pengaruh dari teman-temannya. Kadangkala kita akan lebih mendengarkan pendapat seorang teman dibanding dengan orangtua kita sendiri, demikian pula kita akan lebih bisa terbuka menceritakan berbagai masalah kita dengan teman kita daripada dengan orang tua kita sendiri.

Begitu berpengaruhnya seorang teman, sehingga Rasulallah memberikan perumpamaan teman yang baik dan tidak baik adalah seperti penjual parfum dan seorang pandai besi, berteman dengan penjual parfum kita akan mendapatkan harumnya, sedangkan jika berteman dengan pandai besi kita akan kena percikan api atau bau tak sedap darinya.

Lalu seperti apakah teman yang baik buat kita? Teman yang baik adalah teman yang yang dapat mengingatkan kita kepada Allah Swt. Seorang teman bisa mencerminkan sifat-sifat cinta, kemurahan hati, kejujuran, kepedulian, khidmat, kesabaran, optimisme, dan sifat-sifat yang memberikan kebaikan kepada kita, yang selalu mengingatkan kita kepada Allah ketika lalai atau yang selalu membantu menguatkan kita ketika kita lemah. Intinya teman yang baik adalah teman yang akan memberi kita kebaikan dunia dan akhirat.

Berikut ini adalah ciri-ciri teman yang harus diwaspadai:
- senang memfitnah dan mengolok-olok orang lain
- selalu mentertawakan orang yang sedang lewat
- memanggil dengan nama yang merendahkan
- memulai percakapan dengan “hai” bukan salam
- susah menyebut atau mendiskusikan perihal Allah, Al Qur’an, ahlulbait atau hadits
- merasa ragu mendiskusikan agama
- selalu menunda sholat
- dan lain sebagainya
tentu masih banyak sifat-sifat jelek lainnya, dan kita pasti sudah dapat menilai dan menentukan mana teman yang baik atau tidak buat kita.
Allah telah berfirman : “teman-teman yang akrab pada hari itu sebagiannya adalah musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa” (QS Az Zukhruf (43):67)

Jadi dalam berteman, carilah teman yang dapat membawa kita kepada kebaikan di dunia dan akhirat, yang dapat membantu kita meningkatkan kualitas diri kita. Semoga kita dapat menemukan dan memiliki teman yang selalu mengingatkan dalam kebaikan. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuukk di komen-komen yaa...