Laman

Ini Tentang Dunia Kita, Dunia Antara Kau dan Aku

Dengan asma sang kekasih

Kamis, 20 April 2017

KARTINI

Bulan April selalu identik dan diperingati sebagai hari Kartini. R A Kartini merupakan sosok perempuan yang luar biasa yang tulisannya mengenai emansipasi dan harapan harapan soal perempuan Indonesia (baca jawa) membawa perubahan bagi wanita Indonesia.
Kartini menaruh perhatian besar pada masalah sosial terutama mengenai hak hak perempuan, dan pendidikan. menurutnya wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, keadilan serta kesetaraan hukum.

RA Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 april 1879. Kartini sedari kecil merasakan perbedaan perlakuan dari keluarganya, merasakan bagaimana adat istiadat membatasi gerak langkah dan pemikirannya, ia merasa tidak bebas dalam menentukan pilihan hanya karena dia terlahir sebagai seorang perempuan. Kartini berjuang menuntut kesetaraan hak perempuan dan kaum miskin terutama dalam bidang pendidikan meskipun dirinya sendiri terkungkung dalam budaya dan adat jawa yg diskriminatif. dan menulis menjadi pilihan bagi Kartini untuk memperjuangkan pemikirannya. semasa hidup Kartini sering menulis surat yg ditujukan kepada temannya di Belanda mengenai pemikirannya tentang persamaan hak, ketahanan, kebajikan., kondisi sosial, humanisme dan nasionalisme. kumpulan surat surat kartini pertama kali diterbitkan pada tahun 1911 dan berjudul door duisternis total licht DDTL: gedatchten overnight voor get java an scheme volk van raden aje ng Kartini yg kemudian diterjemahkan oleh Armijn Pane menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang.

saat ini kita harus bersyukur bahwa kita hidup dizaman yg katanya modern di abad 21 ini, maksud dimana emansipasi berkembang dengan sangat baik, tidak ada lagi diskriminasi yang menghambat potensi seorang perempuan untuk berkembang. perempuan indonesia dapat memperoleh pendidikan setinggi tingginya, berkarya dan berkarir dalam berbagai bidang, dan mengembangkan potensi yg dimiliki. habis gelap Terbitlah terang, sesungguhnya menginspirasi kita bahwa sejatinya kaum wanita bisa maju dan berkembang baik dari segi pemikiran maupun tindakan, wanita masa kita diharapkan bisa lebih tangguh, menghadapi tantangan zaman. selalu

Selalu ada harapan dalam setiap kesulitan. so jangan menyerah dan jangan berputus asa dalam segala hal, selalu belajar dan belajar untuk mengembangkan potensi diri.
Peringatan hari Kartini adalah momentum untuk meng up grade diri menjadi pribadi yang lebih baik, meneruskan perjuangan dan cita cita Kartini dengan cara yg positif. memperingati hari Kartini bukan hanya sekedar ceremonial yang menafsirkan Kartini hanya sebagai identitas kultural (berpakaian ala jawa-kebaya-). perempuan Indonesia masa kini harus mandiri, berpendidikan tinggi, memiliki kecerdasan emosional, spiritual dan intelligentsia. menjadi Kartini masa kini memiliki tantangan yg sama beratnya seperti yg dihadapi oleh ra Kartini dulu, jika dulu Kartini melawan feudalisme dan kunjungan adat, Kartini masa kini dihadapkan pada tantangan dalam menghadapi perubahan zaman, dihadapkan pada tantangan dalam menghadapi pengaruh globalisasi yg kadang kadang mengaburkan nilai nilai yg seharusnya dipertahankan. Kartini modern harus menghargai martabat ya sebagai wanita, berani mengambil resiko dalam setiap tindakannya.

Selamat Hari Kartini.. selamat berjuang dan berkarya untuk para perempuan Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuukk di komen-komen yaa...