Laman

Ini Tentang Dunia Kita, Dunia Antara Kau dan Aku

Dengan asma sang kekasih

Rabu, 24 September 2014

Siapkan Dana Pendidikan Sejak Dini

Ayah bunda, setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, terutama pendidikan. Biaya pendidikan anak merupakan salah satu hal yang tak boleh dilalaikan untuk disiapkan, apalagi perkiraan biaya pendidikan naik 20 persen setiap tahunnya, jauh lebih besar daripada perubahan inflasi dan kenaikan gaji. Ada beberapa tips yang aku peroleh dari buku-buku yang aku banya mengenai cara mempersiapkan dana pendidikan anak:

 
1. mulai menabung dan berinvestasi sejak dini
Semakin dini perencanaan pendidikan anak semakin bagus, selain biaya kuliah dan buku, biaya perjalanan selama anak sekolah dan biaya liburan anak juga harus kita siapkan, umumnya biaya kuliah hanya 1/3 dari total  biaya tahunan.
2. rencanakan tingkat pendidikan anak dan carilah informasi sedini mungkin
misalnya anak anda akan sekolah di swasta, dalam negeri, luar negeri. carilah informasi mengenai biayanya, jika sudah didapatkan akan memudahkan untuk mendapatkan target biaya pendidikan yang harus kita keluarkan dan nilai investasi yang harus kita sisihkan untuk mencapai target dana tersebut.
3. beasiswa
alternatif lain untuk mendanai pendidikan anak kita adalah dengan beasiswa. Hampir seluruh universitas memberikan beasiswa walaupun jumlahnya beragam dan tidak menanggung biaya pendidikan secara keseluruhan.
4. membandingkan beberapa rencana pendidikan
upaya ini untuk membantu kita menentukan rencana yang paling sesuai untuk anak kita dan juga untuk memaksimalkan besaran investasi yang kita keluarkan untuk mencapai target yang telah kita hitung dalam merencanakan biaya pendidikan anak.
5. pertimbangkan perlunya asuransi jiwa
hal ini penting apabila hal buruk terjadi pada kita dan pasangan kita, misalnya jika pencari nafkah meninggal, kecelakaan, sakit keras dan lain sebagainya. Siapkan perlindungan bagi anak kita, apabila hal buruk terjadi anak kita masih bisa hidup layak dan mendapatkan pendidikan terbaik.
6. jangan ragu untuk bertanya
informasi mengenai perencanaan pendidikan sangat banyak dan sangat mudah kita dapatkan baik melalui buku, internet, berita keuangan, atau bertanya kepada keluarga, teman yang sedang berinvestasi, atau  bisa juga menghubungi konsultan keuangan/perencana keuangan untuk membuat rencana terbaik untuk pendidikan anak kita.

Dalam membuat rencana pendidikan yang terpenting adalah kedisiplinan untuk menjalankan rencana tersebut, evaluasi rencana keuangan kita dalam periode tertentu misalnya 6 bulan sekali, setahun sekali atau misalnya menyesuaikan dengan kondisi ekonomi, kondisi keuangan dan sebagainya.
Semua itu tips untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita.

Ayah bunda, anak adalah investasi terbesar dalam hidup kita, jangan pernah menunda untuk memberikan hal yang terbaik untuk anak-anak kita, setiap kerja keras yang kita lakukan untuk anak-anak kita akan dibalas oleh Allah SWT. Berikanlah pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kesayangan kita, rencanakan biaya pendidikannya sedini mungkin karena pendidikan yang berkualitas akan membentuk karakter anak-anak anda, jadikan anak-anak anda sebagai yang terbaik dalam memberikan pendidikan yang terbaik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuukk di komen-komen yaa...